Tips Merawat Kulkas Minuman Agar Awet dan Tak Mudah Rusak

Mempunyai kulkas minuman untuk toko atau supermarket tentunya merupakan hal yang wajib dimiliki, karena sebagian orang lebih suka meminum minuman dingin. Namun biasanya pendingin yang cocok adalah showcase cooler.

Showcase cooler atau pendingin minuman ini memiliki kisaran suhu +2 hingga 8+ derajat Celcius sehingga suhu tersebut cocok untuk minuman kemasan.

Bagaimana Cara Merawat Kulkas Minuman?

  1. Beri jarak antara kulkas dan dinding

Beri jarak antara kulkas minuman dan dinding setidaknya dengan jarak 15-20 cm. Karena kondensor udara panas akan mempunyai celah dan ruang sehingga panas yang keluar dapat menyebabkan keluarnya kondensor jika jaraknya 15-20 cm.

Saat mengangkat kulkas minuman sebaiknya memakai sepatu safety karena kulkas minuman ini lebih besar dan berat daripada kulkas biasa.

  1. Isi kulkas dengan makanan secukupnya

Isi kulkas dengan makanan yang cukup dan jangan terlalu banyak menaruh makanan. Apalagi barang yang beratnya lebih seperti botol air minum yang besar, karena botol air memiliki beban berat yang bisa membuat wadahnya pecah dan menjadi rusak jika terlalu penuh.

  1. Hindari Menyimpan Air yang Masih Panas

Hindari menyimpan air minum yang masih panas di kulkas minuman, karena air panas bila disimpan di lemari minuman akan membuat bertemunya suhu panas dan dingin dan akan menyebabkan lemari minuman menjadi rusak. Tunggu hingga benar-benar dingin lalu setelah dingin masukkan air ke dalam kulkas.

  1. Bersihkan Kulkas Menggunakan Air

Bersihkan kulkas menggunakan air dan dicampur dengan sabun anti septik, karena sabun anti septik dapat menghilangkan noda karat dan menghilangkan bau tidak sedap pada kulkas minuman maka gunakan bahan yang lembut seperti spons untuk membersihkannya hingga kulkas  benar-benar bersih dari kerak dan berminyak noda.

  1. Kulkas harus tertutup rapat

Kulkas harus tertutup rapat untuk menghemat listrik dan juga untuk menjaga makanan dan minuman tetap dingin. Jika pintu tertutup rapat, kotoran yang tertiup angin tidak masuk ke dalam kulkas dan tidak akan mencemari makanan yang ada di dalam kulkas.

  1. Jauhkan Kulkas Dari Panas

Jauhkan kulkas dari panas seperti kompor, karena panas yang dihasilkan oleh kompor memenuhi suhu dingin di kulkas lalu akan menyebabkan kulkas menjadi rusak.

  1. Bersihkan Kondensor

Bersihkan kondensor yang ada di bagian belakang kulkas secara rutin dari debu dan kotoran, karena debu dan kotoran akan menumpuk jika tidak dibersihkan dan juga jika anda sering membersihkan kondensor di dalam kulkas maka proses pembuangan panas tidak terhalang oleh kotoran dan debu.

  1. Biasakan membersihkan freezer

Biasakan membersihkan freezer yang sudah mengeras. Karena hal ini dilakukan agar suhu kulkas minuman tetap terjaga dan tidak mengikis es di dalam freezer dengan pisau karena dapat merusak lapisan. Dan bisa menyebabkan kulkas bocor dan juga cepat rusak.

  1. Atur Suhu Kulkas

Sesuaikan suhu kulkas sesuai dengan kebutuhan Anda karena jika suhu kulkas rendah, jika Anda memasukkan ikan atau ayam, kulkas minuman akan berbau.

  1. Jika ada pemadaman listrik, jangan gunakan kulkas minuman

Jika terjadi pemadaman listrik, jangan menggunakan kulkas minuman secara berlebihan. Jika daya menyala, biarkan selama 5 menit lalu hidupkan kembali. Sehingga kompresor benar-benar direset ke pengaturan awal, karena jika listrik tidak di reset maka kulkas akan cepat rusak.

Mempunyai kulkas minuman untuk toko atau supermarket tentunya merupakan hal yang wajib dimiliki, karena sebagian orang lebih suka meminum minuman dingin. Namun biasanya pendingin yang cocok adalah showcase cooler. Showcase cooler atau pendingin minuman ini memiliki kisaran suhu +2 hingga 8+ derajat Celcius sehingga suhu tersebut cocok untuk minuman kemasan. Bagaimana Cara Merawat Kulkas Minuman?…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.