Lengkap Kandungan Gizi dalam Susu Kambing, ini 5 Khasiat Bagi Tubuh

Susu kambing merupakan salah satu minuman hewani punya banyak kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Susu kambing adalah susu yang dihasilkan oleh kambing betina sesaat setelah hewan itu melahirkan.

Saat ini popularitas susu kambing memang kurang menarik minat masyarakat daripada susu sapi. Meskipun tidak jarang juga orang mengkonsumsi susu kambing untuk menghilangkan penyakit-penyakit tertentu.

Tetapi di luar itu semua ternyata susu kambing memiliki kandungan nutrisi yang sama baiknya dengan susu sapi. Dilansir dari Jurnal Ilmu Produksi dan Teknologi Hasil Peternakan Institut Pertanian Bogor menyebutkan bahwa secangkir susu kambing mengandung 170 kalori lebih banyak dengan lemak 5 gram. Kalsium susu kambing juga lebih tinggi daripada susu sapi. Namun, kandungan vitamin B12 pada susu kambing hanya sekitar 3% jauh diawah susu sapi. Sedangkan kandungan vitamin C dalam susu kambing lebih besar kadarnya daripada susu sapi.

Adapun di bawah ini merupakan ulasan lebih lengkapnya mengenai kandungan-kandungan yang ada di dalam susu kambing terdapat Lemak 4 gram, Karbohidrat 4,5 gram, Kalori 64, Fosfor 92,1 gram, Kalsium 20 gram, Natrium 47 mg, Zat Besi 0,05 mg, Magnesium 15 mg, Thiamin 0,06 mg, Niacin 0,08 mg, Riboflavin 0,18 mg, Kalium 155 mg, Vitamin A 126 IU, Vitamin B6 0,05 mg, dan Protein 4,4 mg,

Sementara untuk manfaat susu kambing untuk kesehatan adalah sebagai berikut :

1. Menjaga Kesehatan Organ Tubuh

Selain mampu menjaga tekanan darah, kalium pada susu kambing memperbaiki organ-organ sel tubuh seperti sel darah merah, sel otot, organ hati, organ limpa serta tulang. Itu artinya, sel di dalam tubuh akan bekerja dengan baik jika asupan kalium tercukupi.

2. Mendukung Kelancaran Sistem Pencernaan

Susu kambing memiliki kandungan prebiotik, yaitu makanan untuk si bakteri baik. Bila takaran bakteri baik dalam tubuh tetap dalam kondisi normal maka proses metabolisme tubuh akan berjalan dengan baik. Bakteri baik nantinya akan berperan mendorong kerja usus untuk mencerna makanan dan melawan bakteri jahat.

3. Meningkatkan PH dalam tubuh

Susu kambing mengandung asam amino L glutamin yang bersifat basa (alkali), dengan itu dapat membantu menetralisir kembali pH dalam tubuh dan itu bisa meningkatkan sistem imun manusia.

4. Membantu jantung agar tetap sehat

Kandungan kalium pada susu kambing nyatanya dapat membantu mengontrol tekanan darah agar tetap stabil. Bila semakin tinggi tekanan darah, jantung yang bertugas untuk memompa darah tentunya harus bekerja lebih kuat. Sebaliknya, bila tekanan darah lebih terkendali, kesehatan jantung tetap akan terkontrol dengan baik.

5. Membantu meningkatkan kualitas tidur

Kandungan asam amino triptofan yang berada pada susu kambing akan membantu tubuh memproduksi hormon serotonin yang berlebih. Hormon ini tidak hanya bermanfaat untuk mengatur suasana hati saja, tetapi juga berfungsi untuk merangsang bagian otak yang mengendalikan waktu istirahat.

PRIMANDA ANDI AKBAR

Nutrisi atau kandungan gizi yang terkandung dalam susu kambing cukup lengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.