Dibuktikan Yaris Cross Hybrid EV, Ini Keunggulan Baterai Hybrid EV Toyota yang Kompak dan Efisien

Baterai merupakan komponen paling penting dari motor listrik dalam hal operasional. Baterai menjadi sumber daya utama yang memberikan energi pada motor listrik untuk menggerakkan mesinnya. Pada iklim tropis dengan perubahan cuaca yang ekstrem seperti di Indonesia, penggunaan baterai pada motor listrik sangat diperhatikan. Baterai dengan teknologi yang lebih canggih dan tahan terhadap suhu tinggi mungkin lebih cocok untuk digunakan di lingkungan tropis. Misalnya, baterai yang dilengkapi dengan manajemen suhu dan sistem perlindungan termal dapat menjadi pilihan yang lebih baik. Seperti halnya yang digunakan oleh Hybrid Electric Vehicle (HEV) Toyota. Kehadiran Prius Gen 2 di tahun 2009, menjadi langkah pembuka pengembangan kinerja baterai HEV Toyota di Indonesia.

Mempelajari performa baterai hybrid milik Prius di jalan Indonesia, mencari kelemahan dan kelebihannya ketika beroperasi dalam kondisi yang berbeda beda, serta ‘melatihnya’ supaya dapat ditingkatkan performanya sesuai kebutuhan di sini. Bermodalkan semangat continuous improvement, Toyota berupaya meningkatkan kualitas baterai hybrid supaya memiliki daya tahan dan kualitas yang sesuai kondisi berkendara dan kebiasaan masyarakat Indonesia. Beberapa kebutuhan spesifik terkait suhu kerja yang sangat panas, lembab, berdebu, bersama potensi benturan dan masuknya air banjir, menjadi pertimbangan pengembangan baterai yang pas dan andal. Selanjutnya hadir produk produk HEV lain yang semakin membuktikan kualitas baterai HEV Toyota yakni Camry HEV, Corolla Cross HEV, dan Corolla Altis HEV. Hingga yang terbaru Kijang Innova Zenix HEV dan Yaris Cross HEV yang diyakini sudah sesuai kebutuhan berkendara di Indonesia, yang diikuti oleh Vellfire HEV.

Hadirnya Hybrid EV yang kian lengkap, memberikan Toyota peluang untuk melakukan riset dan pengembangan lebih mendalam. Beragamnya segmen pembeli dengan mobilitas yang sangat dinamis mulai dari perkotaan hingga pelosok wilayah, memberikan Toyota kesempatan mendapatkan banyak masukan dari aktivitas pelanggan untuk melakukan pengembangan yang berkelanjutan. Dibuktikan Yaris Cross Hybrid EV, Ini Keunggulan Baterai Hybrid EV Toyota yang Kompak dan Efisien Identik Hemat Bensin, Ini Senjata Andalan Hybrid EV Toyota Indonesia dalam Tingkatkan Performa

Toyota Gembira Pemerintah Siapkan Insentif Mobil Hybrid pada Tahun Ini 40 Soal Matematika Kelas 5 SD Semester 2 Kurikulum Merdeka, Lengkap dengan Kunci Jawabannya Halaman 4 Jangan Berharap Ada SPBU di IKN Nusantara, Mobil dan Motor Wajib Berbasis Baterai atau EV

Toyota Innova Zenix Hybrid Lebih Sekadar MPV Berkat Tampilan Tangguh dan Gagah Satu Unit Toyota Kijang Innova Hybrid Diamankan di Kantor Kejari Purwakarta 30 Contoh Soal IPAS Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka dan Kunci Jawaban Halaman 4

Keunggulan Baterai Hybrid EV Toyota telah terbukti pada Yaris Cross HEV dan Kijang Innova Zenix HEV. Pemakaian baterai Lithium Ion yang lebih kompak dan bertenaga pada Yaris Cross HEV, memastikan motor listrik bertenaga 59 kW dengan torsi 121 Nm, sanggup memberikan linier performance yang semakin kuat dan intuitif. Membuat Urban SUV ini dapat melewati berbagai kondisi jalan tanpa kendala. Power baterai hybrid yang besar dengan pengisian yang ekstra cepat, membuat mobil ini dapat memanfaatkan EV Mode untuk menekan operasional mesin bensin dalam range yang semakin jauh untuk mobilitas perkotaan. Hasilnya adalah konsumsi bensin sehemat 31 km/liter berdasarkan hasil uji coba sebuah media ternama. Selain itu, penggunaan baterai Lithium Ion sebagai yang pertama pada Hybrid EV Toyota, memiliki keunggulan yakni lebih tahan suhu kerja ekstrem dan berukuran lebih kompak. Penempatan baterai hybrid di bawah bangku penumpang belakang membuatnya tidak sampai mengurangi kapasitas bagasi atau kabin penumpang.

Pemilihan posisi di bawah dek ini berkontribusi pula dalam meningkatkan handling mobil dan membantu menurunkan pusat gravitasi kendaraan sehingga mobil kian fun to drive. Aplikasi all new platform, memberikan perlindungan maksimal pada baterai dari benturan, suhu panas, dan potensi kemasukan air. Menggunakan platform TNGA C untuk medium vehicle Toyota, baterai hybrid Ni MH milik Kijang Innova Zenix HEV kini dikemas dalam paket yang kompak dan disimpan di bawah kedua jok depan tanpa mengurangi ruang di area kabin. Pengisian ekstra cepat dengan distribusi tenaga ke motor listrik yang besar dan efisien, membuat MPV keluarga ini mampu memberikan mobilitas yang ekstra hemat bensin. Terdapat filter pada tutup saluran udara pendingin baterai, sehingga penumpukan debu di jalur pendinginan bisa ditekan guna mencegah penurunan usia pakai baterai akibat peningkatan suhu baterai. Sama dengan Yaris Cross HEV, platform anyar memastikan baterai hybrid nya terlindungi dari benturan dan risiko kemasukan air.Tapi patut dicatat, baterai Hybrid EV Toyota beserta komponen elektrifikasi lainnya, didesain untuk water resist (tahan air) dan bukan water proof (kedap air). Artinya, tetap ada potensi air menemukan celah untuk masuk dan merusak baterai, khususnya genangan air banjir yang bertekanan tinggi.

Kedua HEV kebanggaan lokal ini tidak disarankan untuk menerjang banjir, khususnya dengan ketinggian air lebih dari setengah ban. Kerusakan komponen lainnya serupa dengan mobil konvensional, seperti korsleting listrik dan kaki kaki bermasalah. Termasuk, risiko klaim garansi tidak dapat dipenuhi akibat kesalahan pengemudi yang memaksakannya melewati jalan banjir. Untuk memberikan peace of mind dan bentuk komitmen Toyota dalam menghadirkan ever better hybrid car di Indonesia sekalis membuktikan keandalannya, PT Toyota Astra Motor memberikan garansi baterai hybrid selama 8 tahun atau 160.000 km, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu. Semakin tenang, Toyota menyediakan program T CARE yakni bebas biaya jasa (free labor) dan biaya suku cadang (free parts) sampai dengan servis berkala ke 7 (maksimal 3 tahun/60.000 km). Ditambah perpanjangan Toyota warranty (Extended Warranty) 1 tahun/20.000 km, dengan catatan pelanggan rutin servis berkala di bengkel resmi Toyota.

Benefit yang dapat dirasakan langsung oleh pelanggan adalah bebas biaya servis berkala karena praktis selama 3 tahun atau 60.000 km, pemilik mobil hybrid Toyota tidak perlu menyiapkan budget untuk biaya jasa dan parts ketika servis berkala. Kalaupun ada, sebatas biaya perbaikan ketika terjadi kerusakan komponen mobil.

Baterai merupakan komponen paling penting dari motor listrik dalam hal operasional. Baterai menjadi sumber daya utama yang memberikan energi pada motor listrik untuk menggerakkan mesinnya. Pada iklim tropis dengan perubahan cuaca yang ekstrem seperti di Indonesia, penggunaan baterai pada motor listrik sangat diperhatikan. Baterai dengan teknologi yang lebih canggih dan tahan terhadap suhu tinggi mungkin…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *