Cara Membuat Bakso Agar Terasa Kenyal

Hampir semua orang Indonesia menyukai bakso. Bakso akan terasa jauh lebih nikmat jika bakso tersebut memiliki tekstur padat dan juga kenyal. Tapi sayangnya dalam membuat bakso yang benar-benar kenyal tidak semudah yang dibayangkan. Bahkan beberapa penjual bakso kerap kali menambahkan boraks pada resep bakso mereka agar terasa lebih kenyal.

Diketahui penambahan boraks tersebut sangat tidak disarankan, karena berbahaya. Anda di sini dapat memakai cara maupun bahan yang jauh lebih aman agar nantinya bakso yang dibuat oleh Anda terasa kenyal. Berikut ini akan diberikan tips bagaimana membuat bakso agar terasa lebih kenyal.

Bagaimana Cara Membuat Bakso Agar Terasa Kenyal?

 

Perhatikan Bahan yang Dipakai

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membuat bakso yang kenyal serta terasa kres yaitu dengan Anda memperhatikan pemakaian bahannya. Bahan untuk pembuatan bakso diantaranya yaitu daging, aneka bumbu dan juga tepung. Sebaiknya di sini Anda memilih daging yang segar supaya bakso terasa jauh lebih lezat dan juga kenyal.

Untuk bumbunya sendiri di sini Anda bisa memakai tepung sagu, tepung tapioka dan tepung sagu aren. Pedagang bakso biasanya memakai salah satu tepung tersebut untuk memperoleh tekstur bakso yang kenyal. Untuk takarannya sendiri dapat disesuaikan dengan resep, tapi supaya daging terasa jauh lebih kenyal, maka rasio daging perlu lebih banyak dibandingkan tepung.

Gunakan Es Batu

Cara membuat bakso agar terasa lebih kenyal selanjutnya yaitu Anda perlu menggunakan es batu. Menggunakan es batu ini bisa dalam bentuk air es ataupun serut. Tambahkan es batu tersebut dalam adonan dengan takaran yang benar-benar sesuai.

Tambahkan Poly Powder atau Baking Powder

Penambahan baking powder nyatanya bisa membantu untuk mengenyalkan tekstur dari bakso. Tapi perlu Anda ketahui, jangan memakainya terlalu banyak agar nantinya bakso Anda tidak terlalu mengembang dan hal itu menyebabkan pecah saat direbus. Sebagai langkah untuk mengantisipasi, maka Anda bisa menambahkan baking powder sedikit demi sedikit.

Selain penambahan berupa baking powder, di sini Andapun bisa menambahkan berupa poly powder atau pengenyal bakso ke dalam sebuah adonan. Dua bahan tersebut akan terasa lebih aman jika dibandingkan dengan Anda menggunakan boraks.

Tambahkan Bubuk Agar-Agar

Jika di sini Anda tidak ingin menambahkan baking powder, maka Anda bisa menambahkan bubuk agar-agar pada adonan supaya nantinya membuat bakso tersebut jadi terasa lebih kenyal dan tidak lembek. Tabur bubuk tersebut secukupnya ke dalam resep supaya nantinya bakso buatan Anda bisa terasa lebih kenyal.

Anda bisa memakai agar-agar putih tanpa rasa, sehingga dengan begitu tidak mengganggu cita rasa bakso yang tengah Anda buat tersebut.

Gunakan Tambahan Telur

Penggunaan telur juga merupakan salah satu rahasia memiliki bakso yang padat dan kenyal. Tapi pemakaian telur yang terlalu banyak hal itu malah justru akan membuat adonan bakso jadi terasa lembek. Maka dari itulah, sangat disarankan bagi Anda untuk memperhatikan takarannya. Adonan bakso sekitar 900 gram biasanya memerlukan 1 hingga 2 butir telur saja.

Masukkan dalam Air Hangat

Setelah di sini adonan tersebut Anda bentuk bakso maka Anda masukkan ke dalam air hangat. Tujuannya yaitu supaya bakso terasa lebih kenyal. Khusus untuk bakso ikan Anda bisa masukkannya ke dalam air es agar langsung mengeras dan juga kencang. Jadi dengan begitu bakso tidak akan rusak ketika dimasak.

Itulah tadi cara untuk membuat bakso yang terasa lebih kenyang. Agar nantinya hidangan bakso Anda jadi terasa lebih lezat lagi, maka Anda bisa mencoba berbagai macam resep memasak bakso. Salah satu resep yang sangat direkomendasikan untuk Anda yaitu bakso goreng crispy ala sajiku.

 

 

 

 

 

 

Hampir semua orang Indonesia menyukai bakso. Bakso akan terasa jauh lebih nikmat jika bakso tersebut memiliki tekstur padat dan juga kenyal. Tapi sayangnya dalam membuat bakso yang benar-benar kenyal tidak semudah yang dibayangkan. Bahkan beberapa penjual bakso kerap kali menambahkan boraks pada resep bakso mereka agar terasa lebih kenyal. Diketahui penambahan boraks tersebut sangat tidak…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.